AKU MASIH MENCINTAINYA

AKU MASIH MENCINTAINYA
SELAMAT DATANG di SAHIRUDIN KAMBOWA

Jumat, 09 Mei 2014

RPP Bahasa Indonesia 2013 Kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pertemuan 1 dan 2)

                                         Satuan Pendidikan    : SMAN 4 Kendari
                                         Kelas/Semester    : X/Genap
                                         Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia
Topik                             : Prinsip Bahasa Indonesia
               Waktu        :  4 x 45  menit  

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Indonesia serta mensyukuri dan mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan memiliki sifat positif terhadap bahasa dan satra Indonesia serta mempromosikan penggunaan bahasa Indonesia dan mengapresiasi sastra Indonesia.
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang bahasa dan sastra Indonesia serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak untuk mengembangkan ilmu bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menggunakan metode ilmiah.

B.    Kompetensi Dasar
3.1     Memahami prinsip Bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
4.1    Menyunting kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menjelaskan prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
2.    Membedakan kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
3.    Membuat contoh kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
4.    Menyunting kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
5.    Melaporkan hasil suntingan di hadapan kelompok lain.
6.    Memberikan tanggapan terhadap hasil suntingan kelompok lain.




D.    Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi  kelompok tentang prinsip bahasa Indonesia diharapkan  siswa dapat:
1.    Menjelaskan prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
2.    Membedakan kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
3.    Membuat contoh kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
4.    Menyunting kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia baku.
5.    Melaporkan hasil suntingan di hadapan kelompok lain.
6.    Memberikan tanggapan terhadap hasil suntingan kelompok lain.

E.    Materi pembelajaran
•    Prinsip bahasa Indonesia baku
•    Kaidah penyusunan kata
•    Kaidah penyusunan frasa
•    Kaidah penyusunan klausa
•    Kaidah penyusunan kalimat

F.    Pendekatan /Model /Metoda Pembelajaran
1.    Pendekatan pembelajaran : Scientific
2.    Metoda Pembelajaran : Diskusi/tanya jawab

G.    Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan ke-1
Kegiatan    Tahapan Pembelajaran    Alokasi Waktu
Pendahuluan    1.    Guru memberikan gambaran tentang pentingnya mengetahui prinsip bahasa baku Indonesia serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia
2.    Guru memberikan apersepsi untuk mengingatkan kembali dan mendorong rasa ingin tahu, berfikir kritis tentang: prinsip bahasa baku Indonesia serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
    10 menit
Inti    Mengamati
•    Siswa membaca teks tentang prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.




    70 menit
Kegiatan    Tahapan Pembelajaran    Alokasi Waktu
    Mempertanyakan
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
•    Bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat.

Mengeksplorasi
•    Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.

Mengasosiasikan
•    Siswa menyimpulkan tentang prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
•    Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting yang berhubungan dengan bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.

Mengkomunikasikan
•    Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang prinsip bahasa Indonesia serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.  
Penutup    1.    Siswa diminta menyimpulkan tentang prinsip bahasa Indonesia serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
2.    Guru memberikan pekerjaan rumah prinsip bahasa Indonesia serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
3.    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
    10 menit

    Pertemuan ke-2
Kegiatan    Tahapan Pembelajaran    Alokasi Waktu
Pendahuluan    1.    Guru memberikan gambaran tentang pentingnya menyunting
2.    Guru memberikan apersepsi untuk mengingatkan kembali dan mendorong rasa ingin tahu, berfikir kritis tentang: menyunting kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
3.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


    10 menit
Kegiatan    Tahapan Pembelajaran    Alokasi Waktu
Inti    Pertemuan ke-2
Mengamati
•    Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  konsep dasar bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat.

Mempertanyakan
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan tentang:
•    Cara menyunting yang baik

Mengeksplorasi
•    Siswa mendiskusikan tentang prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.

Mengasosiasikan
•    Siswa mengevaluasi hasil analisis bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.

Mengkomunikasikan
•    Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas, siswa lain memberikan tanggapan.    70 menit
Penutup    1.    Siswa diminta menyimpulkan tentang hasil menyunting yang baik
2.    Guru memberikan pekerjaan rumah menyunting kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia.
3.    Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan pesan untuk selalu belajar dan tetap semangat.
    10 menit

H.    Alat / Media / Sumber Pembelajaran
1.    Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X (peminatan)
2.    Buku referensi lain yang menunjang materi prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
3.    Lembar Kerja siswa
4.    Lembar penilaian

I.    Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik Penilaian     : Pengamatan, tes tertulis
2.    Prosedur Penilaian  :
No    Aspek yang dinilai    Teknik Penilaian    Waktu Penilaian
1.    Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran
b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.     Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan ber-argumentasi secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan    Pengamatan    Selama pembelajaran dan saat diskusi dan observasi, LKS
2.    Pengetahuan
•    Kemampuan dalam memahami dan menerapkan  prinsip bahasa Indonesia baku serta kaidah dasar tentang kata, frasa, klausa, dan kalimat bahasa Indonesia.
•    Menyunting penulisan kata, frasa, klausa, dan kalimat sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia bakuyang ditulis oleh temannya  
Pengamatan dan tes tertulis  
•    Selama proses diskusi kelompok dengan lembar pengamatan
•    Presentasi hasil diskusi
3.
    Keterampilan
a.    Membacakan laporan kelompok di depan kelas
b.    Memberikan tanggapan pada hasil kerja kelompok yang lain.  
Pengamatan   
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
                     Mengetahui:                    Kendari, ….   Agustus 2013
Kepala SMAN 4 Kendari,                Guru Mapel Bahasa Indonesia



                       Drs. Tryanto M.S., M.Pd                Sahirudin
                       NIP  196011041983031011            NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar