AKU MASIH MENCINTAINYA

AKU MASIH MENCINTAINYA
SELAMAT DATANG di SAHIRUDIN KAMBOWA

Jumat, 01 Juni 2012

teori Hull tentang belajar

Hull menyatakan bahwa stimulus (S) mempengaruhi organisme (O) dan menghasilakan respon (R) itu tergantung pada karakteristik O dan S. Teori Hull ini disebut teori mengurangi dorongan (drive reduction theory) dan reinforcement merupakan faktor utama yang menentukan belajar.
Kerangka teori Hull berisi postulat-postulat sebagai berikut:
1) Organismememiliki sebuah hierarki kebutuhan yang muncul karena adanya stimulation atau   dorongan.
2) Kebiasaan yang kuat meningkatkan aktivitas yang diasosiasikan dengan reinforcement primer maupun sekunder.
3) Stimulus diasosiasikan dengan penghentian sebuah respon menjadi penghalang yang dikondisikan.
4) Lebih efektif reaksi potensi melampui reaksi maksimal, lebih pendeknya terjadi penundaan respon  (latency respons)
Berdasarkan postulat tersebut, Hull menyatakan berbagai tipe variabel macam tipe variabel seperti generalisasi, motivasi, dan variabilitas dalam belajar.
Drive reduction theory memilki beberapa prinsip, yaitu:
1) Dorongan merupakan hal yang terpenting agar terjadi respons (siswa harus memiliki keinginan untuk belajar)
2) Stimulus dan respon harus dapat diketahui oleh organisme agar pembisaan dapat terjadi (siswa harus mempunyai perhatian)
3) Respon harus dibuat agar terjadi pembiasaan (siswa harus aktif)
4) Pembiasaan hanya terjadi jika reinforcement dapat memenuhi kebutuhan (belajar harus dapat memenuhi keinginan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar